Senin, 24 Januari 2011

Berita Bulu Tangkis


 Pebulutangkis tunggal putra Tommy Sugiarto mengaku lebih percaya diri saat ambil bagian pada turnamen bulutangkis Korea Premium Series meski harus berjuang dari babak kualifikasi. Bermodalkan sukses menembus babak utama turnamen Malaysia Super Series, pekan lalu, kendati dihentikan pada babak pertama oleh unggulan utama Lee Chong Wei, yang akhirnya keluar sebagai juara, namun pengalaman tersebut cukup baginya untuk tampil lebih baik di kejuaraan yang akan berlangsung di Seoul, Korea, 25-30 Januari ini.
"Tommy mengaku sudah lebih siap ambil bagian di kejuaraan tersebut dan yakin bisa menembus babak utama," kata Icuk Sugiarto, orangtua Tommy di Jakarta, kemarin.
"Meski harus berjuang dari babak kualifikasi, namun dia optimistis bisa menembus babak utama karena lawan-lawan yang bakal dihadapi relatif sama seperti waktu di Malaysia Open lalu itu."
Meski lolos ke babak utama di Malaysia, Tommy tetap harus melewati babak kualifikasi di kejuaraan Premium Korea yang menyediakan hadiah total 1,2 juta dolar tersebut. Ini tidak lain karena peringkatnya yang masih berada di posisi 31 dunia. Sedangkan pada kejuaraan yang menyediakan hadiah terbesar sepanjang sejarah pelaksanaan kejuaraaan seri bulutangkis dunia ini, federasi bulutangkis dunia BWF (Badminton World Federation) mewajibkan seluruh pemain yang berada di peringkat 10 besar dunia turut serta.
Berdasarkan undian sementara yang dirilis oleh BWF, pada pertandingan babak kualifikasi, Tommy akan menghadapi unggulan utama babak kualifikasi asal Inggris Calr Baxter, Selasa (25/1). Jika lolos, Tommy akan bertemu pemenang pertandingan antara Takuma Ueda dan Yan Kit Chan dari Hong Kong, untuk kemudian memperebutkan satu tiket babak utama melawan pemain dari grup bawah babak kualifikasi ini.
Yang pasti, bila Tommy berhasil menembus babak utama, maka dirinya kemungkinan besar akan langsung berhadapan dengan para pemain papan atas dunia Lin Dan asal China yang menempati unggulan enam. Bila beruntung dengan undian mudah, Tommy akan saling berhadapan dengan sesama pemain kualifikasi pada babak pertama. Bila menang, Tommy akan menantang pemenang pertandingan antara Sho Shasaki dari Jepang melawan Taufik Hidayat, yang menjadi unggulan dua pada turnamen ini.
Sementa itu, Taufik Hidayat, yang menjadi runner-up Malaysia Open, minggu lalu, tersebut, mengaku bahwa penampilan sang juara Lee Chong Wei sangat luar biasa.
Dalam pertandingan puncak yang berlangsung di Stadium Putra, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, itu, pemain andalan Indonesia tersebut takluk dua set langsung, 21-8 dan 21-17. "Chong Wei terlalu cepat dan bermain sangat baik. Dia kembali menunjukkan bahwa dirinya pantas disebut raja ketika mengikuti ajang super series," ujar Taufik .
Setelah kejuaraan ini, Taufik mengatakan, dirinya siap tampil di Korea Open. "Saya akan mengalihkan perhatian ke turnamen Korea Selatan Open 2011. Saya berharap, mereka menawarkan hadiah uang banyak ketika saya masih muda. Namun, ini yang menjadi motivasi saya untuk menjadi juara di sana," tuturnya. (Wem Fauzi)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons